Minggu, 15 September 2019

Egg Roll oleh oleh dari Blora

Egg Roll

Ketika mendengar sebutan “Egg Roll”, tentunya kita akan teringat dengan sejumlah kamanan yang dijajakan di sejumlah toko makanan, bahkan sejumlah perusahaan terkenal juga memproduksinya juga dengan harga yang bervariasi. Akan tetapi, egg roll waluh buatan masyarakat Cepu memiliki kekhasan yang dipastikan berbeda produk serupa di pasaran karena bahan yang digunakan menggunakan waluh atau labu merah. Meskipun oleh-oleh khas Blora tersebut mulai dikembangkan selama beberapa tahun terakhir, respon pasar ternyata cukup positif menyusul banyak yang dijajakan di sejumlah mini market maupun tokok penjual makanan yang ada di Blora. Varian rasanya juga mulai dikembangkan tidak hanya mengandalkan rasa khas waluh, melainkan sudah dikembangkan egg roll rasa coklat, durian maupun rasa yang memang menjadi daya tarik pembeli.Waluh juga mulai dikembangkan untuk pembuatan kue brownis kering serta makanan ringan berupa stik waluh, sirup waluh, dan dodol waluh yang dijual dengan harga bervariasi.

Sedangkan untuk egg roll waluh dijual dengan harga Rp12.500 sudah bisa membawa pulang satu bungkus egg roll waluh dengan berat 250 gram, sedangkan sirup maupun dodol dijual Rp15.000, sedangkan stik dijual Rp8.000 per 200 gram. Untuk mendapatkan makanan khas Cepu ini, bisa mendatangi langsung ke sejumlah pengrajinnya yang tersentra di Desa Ngroto, Kecamatan Cepu. Sekitar pukul 13.30 WIB, kami berkunjung ke rumah Ibu Inarti warga Kelurahan Ngroto Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah

untuk bertanya – tanya mengenai usaha Egg Roll yang dijalankannya. Kebetulan Kelurahan Ngroto terkenal sebagai kelurahan yang berhasil merubah waluh menjadi kue yang enak dengan nama kue Egg Roll (Lumayan buat tambahan postingan di blog hehehe). Egg Roll merupakan jajanan khas Nusantara yang banyak digemari oleh anak – anak hingga orang Dewasa. Kue kering ini berbentuk gulungan memanjang seperti cerutu. Kue egg roll mempunyai tekstur yang lembut dan rasanya renyah sehingga banyak diminati oleh pecinta kuliner dari berbagai daerah di Indonesia. Bahan yang digunakan untuk membuat egg roll ini berupa terigu, gula, telur dan mentega.

Sumber : https://pegimakan.id/egg-roll-waluh-ngudi-roso-khas-cepu-kabupaten-blora/

0 komentar:

Posting Komentar