Sabtu, 14 September 2019

Berburu Senja di Bukit Pencu- Keindahan Alam yang masih asri

Bukit Pencu merupakan bukit yang berada di Provinsi Jawa Tengah. tepatnya di Kecamatan Bogorejo sebelah utara Desa Gayam. Bukit Pencu berada di kawasan pegunungan kapur utara di sebelah timur laut Kabupaten Blora Jawa Tengah. Jarak tempuh nya 1.5 jam dari pusat kota Blora. Lokasi Bukit Pencu sendiri berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan perbatasan Desa Gayam dengan Desa Gandu yang memiliki topografi sebesar 15-0% dengan ketinggian sekitar 400 m di atas permukaan laut, dimana wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan

Di puncak Bukit Pencu masyarakat bisa melihat pemandangan hutan jati yang membentang luas, dan aktivitas penambangan batu kapur. Banyak masyarakat atau pengunjung yang sengaja datang pada sore hari untuk melihat terbenamnya matahari. Ini yang jadi pemburuan para wisatawan menunggu matahari terbenam dan juga berfoto dengan beckgraund pemandangan di bukit pencu dan juga dengan cahaya langka yang di pancarkan oleh matahari terbenam yang bisa membuat wisatawan berkunjung di bukit pencu.

Jangan seperti senja yang indahnya hanya sesaat (dokumen pribadi)


Perjalanan harus dilakukan dengan berjalan kaki, karena dari desa ke kaki bukit pencu tak ada lagi jalan yang bisa dilalui dengan kendaraan. Titipkan saja kendaraan ke rumah- rumah penduduk. Jangan kuatir tentang keamanannya, asal memberikan ongkos jasa parkir dan keamanan.

Selayaknya orang yang akan melakukan kegiatan pendakian, persiapkan fisik dan mental dengan prima. Meskipun perjalanan yang ditempuh tidak terlalu lama, namun sangat melelahkan karena menghadapi kondisi jalan yang menanjak dan licin pada saat musim hujan. Sebaiknya perjalanan dilakukan secara berkelompok atau minimal dua orang, dan jangan lupa membawa bekal berupa air mineral dan makanan ringan secukupnya.  

Sepanjang perjalanan menuju ke puncak bukit pencu, akan menyusuri jalan setapak pematang sawah dan diantara rimbunnya pohon- pohon jati yang baru ditanam di lereng bukit. Terpampang sangat jelas pemandangan alamiah perdesaan dipinggiran hutan yang sangat menyejukkan. Dan, tak terasa perjalanan akan sedikit terasa berat dan membuyarkan pikiran. Tetapi setelah sampe puncak pasti akan terbayar dengan manorama pemandangan di bukit pencu.

Sumber: Berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar